Minggu, 05 September 2010

S I A L

Anda mungkin sering mendengar atau bahkan mengucapkan kata-kata sejenis ini:
"lagi sial dia"
"sial bener saya ini"
"duhh!! pake sial lagi"
"kasihan, lagi sial"
Bagi beberapa orang sial adalah suatu keadaan yang definitif...
Tapi bagi saya sial atau tidak adalah masalah persepsi... bagaimana anda memandang suatu keadaan... memandang suatu kondisi...

Beberapa waktu yang lalu, adik saya mengalami dua kali kecelakaan...
Insiden pertama, ketika dalam perjalanan pulang dari kampus motor saya yang dikendarainya menabrak mobil yang baru keluar dari tempat parkir di EX. Hasil akhirnya motor saya "patah leher" (bersyukur dia baik-baik saja, hanya lecet ringan di kaki)

ini hasilnya:



Insiden kedua ketika dalam perjalanan pulang dari kantor saya di kawasan Gading Serpong, Tangerang. Mobil yang dikendarai beradu dengan mobil lain. Dan hasil akhirnya, bemper mobil yang rusak parah (sayang blom sempat diabadikan dan sekarang sedang dalam masa pemulihan di bengkel) dan diskusi yang ngotot di pos polisi selama 4 jam (jam 18.00 - jam 22.00 lewat).

Dari kedua insiden yang saya ceritakan di atas, beberapa orang berpendapat adik saya sedang sial (bahkan adik saya sendiri berpendapat demikian). Tetapi bagi saya, kedua insiden ini adalah kesempatan yang baik untuk belajar.Insiden pertama mengajarkan supaya lebih berhati-hati dalam berkendara (apalagi keadaan di Jakarta yang semakin tidak ramah untuk berlalu lintas) sedangkan pada insiden kedua, kesempatan untuk belajar bahwa "damai" di jalan memang lebih baik daripada berurusan di pos polisi yang bertele-tele dan sangat menyita waktu dan energi. Belajar untuk bersikap tenang dalam mengatasi suasana yang tidak bersahabat dan penuh emosi, belajar untuk mengendalikan amarah, belajar bernegosiasi dan belajar bersikap tegas dalam mengambil keputusan.

Bagi saya setiap peristiwa bukan masalah beruntung atau tidak...
Bukan masalah sial atau tidak...
Tapi adalah tentang mau belajar atau tidak...
Mau mengambil pelajaran atau tidak...


-- Hidup ini adalah tentang persepsi dan pilihan, bagaimana kita memandang segala sesuatu dan kemudian menentukan pilihan atas pandangan itu --

Tidak ada komentar: